As a writer As a mom

ON HEELS

Jun 26, 2013 14:20 PM

Tak Ada Lontong Bulan Pun Jadi

Sepulang dari rumah teman baik, di taksi Rafe berteriak, “Look  Mom, moon, so big Mom!” dan ya, memang di luar terang bulang. Cantik sekali. Dan si paman supir taksinya segera menyahut, “Cap Go Meh.” 

Wah, sudah Cap Go Meh?  Kali ini bukan diingatkan dengan lontong seperti biasanya, tapi lewat lingkar gemerlap kolam bulan di langit gelap.

Mama saya, sekalipun bukan orang Cina, tetapi setiap peringatan Cap Go Meh senang memasak opor dan lontong. "Ikut ngeramein," kata beliau sambil mengulang sedikit cerita tentang masa kecilnya yang banyak bertetangga dengan warga keturunan Cina dan pernah tinggal cukup lama di Surabaya, dengan beberap kenalan baik keturunan Cina pula. Omong-omong soal Cap Go Meh, mumpung baru lewat 15 hari, saya mau bagi cerita tentang liburan tahun baru Cina kali ini.

Yu Sheng / Lo Hei

Hari kedua CNY (Chinese New Year), kami diajak makan siang di rumah seorang teman dengan highlight acara : lo hei alias yu sheng. Jadi, Yu sheng – yang artinya Prosperity Toss, ini semacam hidangan salad dingin dari berbagai macam bahan-bahan seperti wortel, bihun, salmon sashimi, biji wijen—yang harus ditaruh secara b e r u r u t a n karena masing-masing adalah perlambang sesuatu. Berikut urutan dan arti simbolik dari bahan-bahan panganan di Yu Sheng, courtesy of Mba Niken's note:

01. Chuka Kurage - Excellence

02. Red Sweetened Ginger - Luck

03. Peanut Crunch - Wealth

04. Pickled Leek - Divination

05. Sweetened Lime - Merit

06. Pickled Cucumber - Advancement

07. Winter Melon - Harmony

08. Fried Sesame - Prosperity

09. Chuka Wakame - Youth

10. Pickled Melon - Tranquility

11. Pok Chui Biscuits - Affluence

12. Five Spice, Cinnamon and Pepper Powder - Fortune

13. Salmon Sashimi - Abundance

Ke-13 elemen ini ditaruh dalam wadah berurutan sambil rame-rame mengucapkan sekeras mungkin (presumably for the fun of it),  dengan harapan itu menjadi doa dan jimat tahun baru ini. Terutama pada bagian-bagian yang sangat didamba semisal ABUNDANCE. Lalu kalau sudah semua dimasukkan beserta bumbunya (merica, garam, dan saus), beramai-ramai siaga dengan sumpit masing-masing, siap mengaduk setinggi mungkin (tossing), sambil berucap sekeras mungkin (again, for the fun of doing it), “ lo hei, lo hei!”

It was fun indeed. Thank you guys!

Nah sesi Lo Hei ini kembali kami lakukan di hari ke-4 liburan CNY untuk menjamu teman-teman turis konser Janet Jackson yang sedang bertandang. Yang seru, kami melakukannya di tempat u m u m!!! ( sounds kinky rite?! I know :D), Di Park View Square, Bugis. Dan di grup banci konser dan tampil ini YOUTH, MONEY, PROSPERITY, WEALTH dan LUCK bergaung paling nyaring :)

Crane Dance Show

Di notes saya sebelumnya tentang Sentosa Boardwalk ( http://www.facebook.com/note.php?note_id=497591522669) , ada cerita tentang sebuah pertunjukan magis spektakuler yang terlihat dari situ kan? Nah, kali ini, di hari ke-3 liburan CNY, kami menyaksikannya dari tempat semestinya. Hasilnya? 10 menit terpukau, selamanya terkesan.

Kronologis singkat pertunjukan ini. Diklaim sebagai “world’s largerst dancing animatronics shows" pertunjukan ini... GRATIS. Modalnya? Ya tinggal bawa diri ke Resort World Sentosa. 

Fun fact-nya:

  • Masing-masing Crane Dance ini berat strukturnya setara dengan berat 10 gajah Afrika dewasa (80 ton)
  • Sebanyak 36.720 liter air laut dipakai untuk setiap pertunjukan untuk membentuk  sayap air setinggi 25 meter. Jumlah yang kurang lebih setara dengan liter air yang dapat dikonsumsi orang rata-rata selama 50 tahun.
  • Acara ini digerakkan dengan tenaga hidrolik yang dayanya bisa menerbangkan pesawat kecil.

Tips:

  • Be there early, especially during long weekend or public holiday. Karena capek berkeliaran, kami sejak pukul 7 malam sepakat untuk duduk-duduk di amphiteater itu. Eh, gara-gara kami duduk, tiba-tiba segerombolan turis mendadak ikutan nge-tag tempat duduk terburu-buru takut ga kebagian hahaha.... tanpa bermaksud kiasu, hari itu kami malah jadi pelopor orang-orang kiasu. Sisi positifnya, kami dapat spot yang strategis.
  • Jangan lupa diabadikan!
  • Bawa jaket terutama untuk para bocah karena angin “ pantai” nya cukup besar.
  • Bawa alas piknik atau taplak meja plastik sekali buang karena setelah atau jikalau hujan, berguna sebagai alas duduk supaya nyaman.

Crane Dance @ Resort World Sentosa

http://www.rwsentosa.com/language/en-US/Attractions/FestiveWalk/CraneDance

Setiap jam 9 malam, g r a t i s

Berbagi cerita ini membuat saya jadi berpikir, liburan CNY lalu yang awalnya sempat agak sedih karena gak jadi mudik atau plesir dan siap-siap garing mati gaya minus keriaan... eh justru  seru!!!

Ah, ternyata keseruan bisa didapat di mana pun juga. Resepnya cuma pikiran positif dan ... carpe diem! Seize the day, seize the moment! #noted

Cheers! XOXO

Partners:
Loading...